Teknologi Digital, Inovasi Kontribusi dalam Perubahan Proses Pembelajaran

Teknologi informasi sekarang ini telah berkembang pesat secara global termasuk di Indonesia, semua lembaga pendidikan yang ada menerapkan teknologi untuk membantu memecahkan permasalahan dalam lembaga pendidikan. Hal ini juga karena teknologi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Berbagai aspek telah dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital, serta mampu mendorong era baru peradaban manusia dari era industri ke era informasi.

Teknologi bukan lagi menjadi sekedar hasil pola pikir manusia dalam mengembagkan sistem tertentu untuk menyelesaikan persoalan yang ada tapi menjadi lebih luas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan alat, keahlian serta bagaimana memberikan pengaruh kepada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada disekitarnya.

Pemanfaatan teknologi digital dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi seperti model daring yakni memanfaatkan jaringan internet dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan bentuk pembelajaran daring ini dalam lingkup kecil justru terbukti efektif dalam meningkatkan daya tarik belajar, memudahkan waktu belajar menjadi fleksibel serta adanya record materi pembelajaran yang dapat diakses kembali menjadi keunggulan dari model pembelajaran daring.

BACA:  Kearifan Guru Sejati

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin berkemang dan maju, pendidik sudah tidak terlalu pusing dalam mengajar. Banyak model pembelajaran yang bisa digunakan menggunkan aplikasi zoom, google classroom, maupun e-learning. Bentuk dari perkembangan teknologi dan informasi digital yang kemudian diterapkan di bidang pendidikan adalah e-learning atau pembelajaran berbasis web. E-learning menjadi sebuah inovasi terbesar yang berkontribusi terhadap perubahan proses pembelajaran, yang menjadikan pembelajaran tidak hanya mendengarkan uraian materi tetapi menjadikan peserta didik dapat melakukan aktivitas lain seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan pengetahuannya.

Muallim

STIA Abdul Haris Makassar

Related Posts