KAHMI Nasional Siapkan Program Pengembangan Desa dan Wilayah Perbatasan

Akademia.abdulharis.ac.id, London – Rapat Koordinasi Bidang Desa, PDT dan Transmigrasi MN KAHMI yang dilaksanakan secara hybrid pada Selasa, 9 Mei 2023 menghasilkan beberapa program strategis untuk pengembangan desa dan wilayah perbatasan. Rapat tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Ismail Suardi Wekke, anggota Departemen Pembangunan Daerah Tertinggal dan Perbatasan Majelis Nasional KAHMI yang sedang berada di London.

Ismail Suardi Wekke menyampaikan bahwa program-program pengembangan desa dan wilayah perbatasan sejalan dengan misi ASEAN dimana Indonesia saat ini sebagai ketua ASEAN sepanjang 2023. “Program-program ini akan menjadi penguatan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah-daerah tertinggal dan perbatasan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pertemuan tingkat tinggi ASEAN baru saja terlaksana di Labuan Bajo pada pekan ini. Salah satu agenda penting yang dibahas adalah kerjasama pembangunan antara negara-negara anggota ASEAN khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi.

KAHMI Nasional sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju. Melalui bidang Desa, PDT dan Transmigrasi, KAHMI Nasional akan menginisiasi dan melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk bermitra dalam pengembangan dan pembangunan masyarakat desa dan wilayah perbatasan.

BACA:  Turkiye, Perjumpaan Masa Lalu di Masa Kini

Beberapa program yang direncanakan antara lain adalah penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, serta pendampingan aktivitas pendidikan tinggi. Program-program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat desa dan wilayah perbatasan serta memperkuat integrasi nasional.

Termasuk dalam aktivitas untuk menjalin komunikasi dalam pelbagai platform IMT-GT, BIMP-EAGA. Dengan kedua platform ini, dapat menjadikan program Majelis Nasional KAHMI dapat dilaksanakan dalam kerangka regional Asia Tenggara.

Related Posts