Antara Turkey dan Turkiye, Nama Dalam Tanda Tanya

Sebercanda apapun itu, tetap saja kalau Turkey dalam bahasa Inggris terkadang dimaknai dengan kalkun. Ini akan menjadi sebuah gangguan bagi orang Turki sendiri.

Akhirnya, Erdogan mengirimkan surat resmi ke PBB untuk menyebut Turki di forum internasional dengan nama Turkiye.

Dengan penjelasan bahwa semasa deklarasi pembentukan Turki, kata Turkiye-lah yang dijadikan sebagai sebuah nama.

Selain sarat dengan budaya dan juga sejarah, nama Turkiye dipilih untuk tidak lagi dijadikan sebagai olok-olokan terkait dengan kalkun.

Apalagi dalam perayaan hari tertentu, hidangan kalkun dipilih sebagai masakan pilihan keluarga. Sehingga dari tahun ke tahun, ini akan menjadi gangguan dengan gurauan, ataupun juga candaan soal kalkun yang sesekali diasosiasikan dengan Turki.

Sebagai sebuah negara berdaulat, maka tentu PBB tidak akan menolak dan mulai dalam forum resmi PBB, nama Turkiye dijadikan sebagai sebutan maupun percakapan.

Begitu pula dengan NATO. Dalam kunjungan ke Helsinki di pertengahan Juni, sekretaris jendral NATO sudah menggunakan nama ini.

Termasuk dengan mengubah nama penerbangan Turkish Airline. Beralih dengan nama resmi Turkiye Hava Yollari.

BACA:  Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Indonesia

Media-media perjalanan melaporkan bahwa presiden Turkiye menyebut bahwa Turkey merupakan masa lalu. Kini dengan nama yang justru merujuk kepada pendirian Turkiye untuk memberikan penguatan identitas dan tidak lagi mendapatkan olok-olokan di masa perayaan thanksgiving.

Nama Turkiye sendiri telah digunakan sebagai kampanye wisata dengan pelbagai slogan Visit Turkiye maupun Hello Turkiye. Ini menjadi sebuah penamaan dalam mendatangkan wisatawan dimana justru pada masa-masa pandemi, Turkiye tetap membuka perbatasannya untuk keperluan wisata.

Nama tetap saja menjadi penting. Walau kerap disampaikan bahwa sebuah mawar tetaplah harum mewangi walau tidak disebut mawar.

Namun dalam penggunaan nama jikalau terkait dengan dunia komputer, sebuah hurufpun tetap akan menjadi problema tersendiri.

Related Posts