Leang Timpuseng, Masa Depan Warisan Maros

Pada tahun 2015 mengikuti acara presentasi terkait dengan leang Timpuseng dan juga kekayaan arkeologi Maros. Semasa itu, masih berupa mimpi saja.

Seiring dengan berlalunya pertemuan tersebut, saya menemukan Kembali catatan ini.

— saya mencatat ini dari Facebook —

July 6, 2015 · Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia yang merupakan bagian dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Di salah satu konferensi setelah menyajikan makalah, saya bertanya ke Prof. Truman (peneliti gua Leang Timpuseng, Maros).

“Lalu apa yang kita bisa lakukan?”.

Dari diskusi itu saya menyimpulkan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melanjutkan temuan tim peneliti gua 1) mengirim anak-anak muda Maros belajar arkeologi di tingkat S1, S2, dan S3 dengan fokus penelitian pada gua itu, 2) menyediakan buku pelajaran dengan muatan lokal tentang gua-gua di Maros 3) mendirikan pusat informasi dan penelitian gua. Mudah-mudahan ini bisa diperjuangan di DPRD Kabupaten Maros.

— catatan Facebook berakhir –

Tujuh tahun setelahnya, kemudian saya menemukan kembali di memori Facebook.

BACA:  Dewan Pendidikan Kabupaten Maros Ajukan Pameran Pendidikan dan Budaya Maros di London

Ada banyak hal yang sudah dilakukan. Hanya saja, untuk memperhatikan konservasi dan juga masa depan terkait dengan warisan geologis, begitu pula dengan arkeologi, kita perlu melakukan dengan lebih giat lagi.

Termasuk ketersediaan dana melalui APBD yang sudah dilakukan untuk membantu SPP mahasiswa. Namun, perlu dilakukan skala prioritas. Dimana, ada jurusan-jurusan tertentu yang harus diidentifikasi. Diantaranya tadi, arkeologi.

Maka sebagai kabupaten dengan anugerah tersendiri, perlu dilakukan perencanaan untuk mewariskan kekayaan ini kepada generasi berikutnya.

Walau juga ini adalah kekayaan yang menjadi pengetahuan milik dunia, namun tidak hanya orang orang luar Maros yang lebih faham.

Sehingga, perlu ikhtiar bersama bahwa warga Maros beserta dengan institusi pendidikan yang ada di Maros, juga faham apa yang kita miliki dan mempertahankan ini untuk diteruskan ke generasi berikutnya.

Related Posts