Semangat Keberislaman dan Sains Terbuka Dalam Kebersamaan Mencegah Korupsi

Akademia.abdulharis.ac.id, Makassar – Rabu, 29 Maret 2023, menghadiri pengukuhan guru besar Universitas Bina Nusantara (Binus), Jakarta. Salah satu preposisi Prof. Dr. Juneman Abraham bahwa korupsi dapat dicegah salah satunya dengan sains terbuka.

Dimana dengan kebersamaan membangun ilmu pengetahuan akan menjadi sebuah daya dukung bagi pencegahan koruspi.

Saya mencatat (dalam bahasa saya) bahwa ada kata Islam yang dituturkan Prof. Juneman bahwa dengan moral keislaman (kalau Weber menggunakan istilah etika Protestan untuk menggambarkan semangat keberagamaan dalam Protestan), akan menjadi salah satu landasan dalam aplikasi sains terbuka.

Dalam beberapa kesempatan, ada gugatan bahwa sains terbuka adalah neo-liberalisme.

Dengan “tuduhan” ini, boleh jadi tidak melihat budaya Indonesia yang kita sebut gotong royong. Sementara populer dengan kolaborasi.

Senyampang bulan Ramadan, maka bagi umat Islam tentu mengenal kata berjamaah. Saya secara khusus selalu mengulangi bahwa untuk mencapai maqam berkah, bukan saja dalam soal salat dan makan yang berjamaah. Tetapi juga dalam riset.

Bahkan Bahasa Alquran menyebutnya taawun itu dalam kebaikan dan ketaqwaan. Ayat lain menyebutkan bahwa orang yang berilmu disertai ketaqwaan akan ditinggikan derajatnya.

BACA:  Dewan Pendidikan Kabupaten Maros Ikut Serta Dalam Safari Ramadan di Moncongloe

Sehingga soal sains terbuka sejatinya adalah bagian dari pesan-pesan keislaman.

Termasuk dalam hadis diperintahkan untuk tidak menyembunyikan ilmu pengetahuan.

Salah satunya, untuk sampai pada dampak yang luas tentang pencegahan korupsi, termasuk dalam korupsi pengetahuan adalah dengan menjadikan sains terbuka sebagai jalan hidup.

2019, setahun sebelum pagebluk covid-19. Saya hadir di pameran buku Kairo. Justru, buku-buku turast sebab tidak dikenakan pajak dan juga tak memiliki pembayaran royalty justru terbilang murah berbanding buku zaman sekarang.

Ulama dari abad sebelumnya mewariskan buku yang tak dikenakan hak kekayaan intelektual sehingga akses semakin mudah dan murah.

Olehnya, pesan Prof. Juneman bahwa sains terbuka perlu menjadi sebuah metode dalam mengelola ilmu pengetahuan.

Selamat Prof. Juneman atas Raihan guru besar. Semoga tetap sehat dan kemuliaan dalam berkarya.

Related Posts